Banjir Rendam Pemakaman Tanah Kusir

Jakarta, BeritaPrima.com — Banjir dari Kali Pesanggrahan Jakarta tak hanya merendam rumah warga. Air dari luapan Kali Pesanggrahan juga merendam ‘rumah masa depan’ alias makam di Tanah Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir di Jakarta.

Tampak sisa rendaman air kali di makam-makam. Bahkan masih tampak genangan air di beberapa titik di TPU Tanah Kusir yang luas keseluruhannya 4 hektare.

“Ini terendam karena imbas dari proses normalisasi Kali Pesanggrahan,” ujar Muhammad Husni, Mitra Masyarakat yang mengurus TPU Tanah Kusir saat ditemui di Tanah Kusir di Jakarta, Minggu (25/11).

Husni menjelaskan normalisasi Kali Pesanggrahan membuat beberapa titik dapat dialiri air dari Kali. Terutama ketika aliran Kali deras hingga ketinggiannya melebihi tanah pemakaman. Aliran Kali, terangnya, terus meninggi ketika hujan turun di Depok dan Bogor. Derasnya hujan di Jakarta, sepengetahuannya, tidak berpengaruh pada derasnya aliran Kali Pesanggraha. Maka tak heran jika makam-makam yang berbatasan langsung dengan Kali terendam.

“Kalau dihitung ada sekitar 1785 makam yang terendam. Tapi sebagian sudah direlokasi ke tempat yang lebih aman,” jelas Husni, 40.

Lebih lanjut ia menyebutkan air yang kerap menggenangi lahan pemakaman tak pernah melebihi 30 sentimeter. Husni mengakui pemakaman kerap digenangi air Kali dari tahun 2007. Makam blok Perintis (pejuang) beragama Katolik, makam blok Muslim, dan makam blok Tionghoa yang tampak terendam air Kali. Ketika banjir bandang di Jakarta, TPU Tanah Kusir pun terendam banjir. Penyempitan Kali Pesanggrahan pun kerap diperkirakan sebagai penyebab makam terendam paskabanjir 2007.

“Sejak itu enggak pernah terendam sampai tenggelam makamnya. Genangan air hanya sebadan makam, ini ada sebagian sampah bawaan dari air Kali di sekitar makam,” tutur Husni yang telah mengurus TPU Tanah Kusir sejak 2006.

Terendamnya makam kerap dikeluhkan oleh keluarga ahli waris. Biasanya mereka menelepon Husni. “Biasanya mereka nanya kabar banjir kena makam atau enggak. Nanti kami kabari via surat atau telepon juga,” ucapnya.

Sepengamatan Media Indonesia, proses normalisasi Kali Pesanggrahan mengarah ke makam blok Tionghoa yang berada di Jalan Delman, Jakarta. Beberapa makam di tepi Kali itu terkena relokasi dari imbas normalisasi Kali. Di sisi sebrangnya, tampak tembok setinggi lebih dari dua meter dari permukaan tanah sedang dibangun. Dikatakan itu akan menjadi dinding pembatas antara pemakaman dan Kali. Proses normalisasi Kali di sisi itu disebut-sebut dikerjakan oleh PT. Pembangunan Perumahan.

Categories: Hotnews, Metro

About Author

beritaprima.com

BeritaPrima.com merupakan portal berita utama nasional yang lebih mengedepankan aktualitas dan ketajaman dalam mengungkapkan fakta di lapangan.

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*